Misteri Monalisa

Iklan 728x90

Misteri Monalisa

Misteri lukisan Mona Lisa belum terkuak, kini ditambah dengan penemuan lukisan sang “kembaran”, Isleworth Mona Lisa. Lukisan yang juga diklaim karya Leonardo da Vinci itu dalam versi yang lebih muda dan ceria.

Lukisan yang dipamerkan di Geneva, Swiss ini memicu perdebatan sebab beberapa pihak mengklaim bahwa inilah versi asli lukisan terkenal karya Leonardo da Vinci itu. Dinamakan Isleworth Mona Lisa, karya seni ini menjadi fokus 35 tahun penelitian, yang terangkum dalam buku setebal 320 halaman yang dipublikasikan oleh Mona Lisa Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Zurich, Swiss.

Buku tersebut bermaksud untuk mendukung teori bahwasannya lukisan itu adalah lukisan asli  dari wanita bernama Lisa Gherardini del Giocondo, model lukisan Mona Lisa. Sedangkan yang tergantung di dinding Museum Louvre, Prancis, yang dilindungi kaca anti peluru adalah versi selanjutnya, yang dirampungkan di Roma sekitar tahun 1516. Pada lukisan kali ini latar belakang tampak belum selesai dibingkai oleh dua kolom. Dengan warna yang gelap, menggambarkan seorang wanita yang sedang bersenyum yang menjadikan misterius.

Perempuan dalam lukisan ini berpose anggun, dengan tatapan mata yang sama dengan sang maestro yang kini tersimpan di Louvre, yang diyakini menampilkan sosok perempuan berusia 30-an. Garis Horizontal sederhana yang ditarik di kedua lukisan Mona Lisa menunjukkan kesamaan proporsional yang tepat meskipun, keduanya tidak sama ukurannya. Mata, hidung, jarak antara mulut dan dagu, persis di lokasi yang sama. Hanya seminam yang sama bisa tahu bagaimana melakukan hal itu tanpa bantuan teknologi modern.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment